SHOLAT TIDAK . . . . . . . SHOLAT TIDAK . . . . . .

Suatu saat keluar pernyataan dari adikku yang merasa tidak puas dengan perilaku tetangganya... "percuma orang itu sholat, lha wong perilakunya sering menyakiti sesama dan selalu mengecewakan orang lain, gak ada gunanya dia sholat . . . ."

Mendengar pernyataan itu saya mencoba membuka dialog agar ada pemahaman yang baik terkait dengan masalah yang menimpanya...

"Dik memang selintas seolah olah dia percuma melakukan sholat, tetapi mari kita pikirkan dua perbandingan ini "

1. Ada orang yang tidak sholat tetapi perilakunya senantiasa baik dan selalu menyenangkan orang lain, sehingga banyak orang yg simpati padanya.
2. Ada orang yg sholat tetapi perilakunya selalu menyakiti orang lain, pokoknya tingkahlakunya terhadap sesama selalu jelek, sehingga banyak orang yg tidak menyukainya


pertanyaannya siapakah diantara kedua orang itu yg lebih baik ???

Sejenak adikku agak kebingungan dengan perbandingan di atas karena kedua duanya bukan contoh yg ideal. Akhirnya saya mencoba menjelaskan bagaimana posisi keduanya

"
Orang yang pertama, dia selalu menjaga hubungan baik dengan sesama atau sesama mahluk, tetapi justru kepada ALLAH sang penguasa alam, yang menciptakan semua mahluk, yang menghidupkannya, yang memberinya rejeki, yang memberinya penglihatan, tempat tinggal dan sebagainya dia tidak menjaga hubungan baik..... sementara orang yang kedua hubungannya terhadap sesama mahluk memang tidak baik, tetapi dia menjaga hubungan baik dengan ALLAH yang memberinya kehidupan....... kesimpulannya Orang yang kedua tetap lebih baik dibandingkan dengan orang yang pertama"

sejenak adikku kurang puas dengan penjelasan saya, dan dia nyeletuk "tapi kan percuma aja orang itu sholat tapi kelakuannya seperti itu..." dengan sabar saya mencoba menjelaskan " memang semestinya orang yg sholat tidak seperti itu, tetapikan pertanyaannya mana yg lebih baik diantara keduanya........"

Dengan sedikit berpikir akhirnya adikku menerima argumentasi yang aku berikan . . . .

Saudaraku . . . .

Nabi kita bersabda "Amalan yg paling pertama di Hisab adalah sholat, jika sholat bagus maka amalan lainnya akan diperhitungkan, tetapi jika sholatnya jelek maka otomatis semua amalannya akan jelek"

Jadi tetaplah sholat meskipun kita sebagai manusia biasa, selalu melakukan kesalahan dan dosa, karena insyaALLAH sholat akan selalu menjaga kehidupan hatinurani kita sehingga kita tidak berkekalan dalam melakukan kesalahan.

Wassalamualamanittba'alhuda


Share on Google Plus

About Sjam Deddy

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment