Sebab Sebab Keberkahan



Keberkahan dapat terjadi pada siapapun: seseorang keluarga masyarakat bangsa Negeri Demikian juga sebaliknya

Keberkahan secara singkat maknanya adalah kebaikan yang banyak
Jalan Menuju Keberkahan diantaranya:

1. Iman dan taqwa
وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ الْقُرَى آمَنُوا وَاتَّقَوْا فَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَرَكَاتٍ مِنَ السَّمَاءِ وَالأرْضِ ) الأعراف:
Kalau seandainya penduduk negeri ini beriman dan bertakwa, niscaya Allah turunkan keberkahan dari langit dan bumi

2 .Berinteraksi dengan Al-Qur’an
Al-Qur’an adalah kitab yang penuh berkah, maka barangsiapa yang berinteraksi dengan Al-Qur’an akan mendapatkan keberkahannya, sesuai kadar interaksinya.

وَهَذَا كِتَابٌ أَنْزَلْنَاهُ مُبَارَك
ٌ
كتاب أنزلناه إليك مبارك ليدبروا آيته وليتذكر أولوا الألباب (ص 29 ) قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: البيت الذي يذكر فيه القرآن تسكنه الملائكة وتهجره الشياطين ويتسع بأهله ويكثر خيرًا Rasulullah saw bersabda: “ Rumah yang disebutkan (dibacakan ) Al-Qur’an, maka akan malaikat rahmat tinggal disitu, syetan pergi dan keluarga rumah tersebut mendapatkan keluasan dan banyak kebaikan”

3. Tarbiyah dan Ta’lim

وجعلني مباركا أينما كنت
“Isa alaihi salam berkata, Allah menjadikan aku mendapatkan keberkahan dimana saja aku berada” (QS Maryam 31)
 
Berkata ahli Tafsir seperti Mujahid, Amru bin Qois dan dan At-Tsauri, tentang keberkahan yang diberikan kepada Isa, “menjadikan aku pengajar kebaikan”

خيركم من تعلم القرآن وعلمه( رواه البخاري) “
 
Sebaik-baiknya kamu yang belajar dan mengajarkan Al-Qur’an”
Bahkan orang yang rajin belajar dan mengajar akan didoakan mahluk langit dan bumi, bahkan ikan yang di lautpun mendoakannya.

4. Dakwah
وَمَنْ أَحْسَنُ قَوْلًا مِمَّنْ دَعَا إِلَى اللَّهِ وَعَمِلَ صَالِحًا وَقَالَ إِنَّنِي مِنَ الْمُسْلِمِينَ ( فصلت 33 ) فَوَاللَّهِ لَأَنْ يَهْدِيَ اللَّهُ بِكَ رَجُلًا وَاحِدًا خَيْرٌ لَكَ مِنْ أَنْ يَكُونَ لَكَ حُمْرُ النَّعَمِ (البخاري )
“Demi Allah melalui kamu seseorang mendapatkan hidayah , lebih baik dari unta merah” (HR Bukhari)

5. Berjamaah
يَدُ اللَّهِ مَعَ الْجَمَاعَة
ِ ”Tangan Allah berama jama’ah” (HR At-Tirmidz, Al-Baihaqi, Ibnu Hibba dan At-Tabrani).

عَلَيْكُمْ بِالْجَمَاعَةِ وَإِيَّاكُمْ وَالْفُرْقَةَ فَإِنَّ الشَّيْطَانَ مَعَ الْوَاحِد
ِ وَهُوَ مِنْ الِاثْنَيْنِ أَبْعَدُ مَنْ أَرَادَ بُحْبُوحَةَ الْجَنَّةِ فَلْيَلْزَمْ الْجَمَاعَةَ 

”Hendaklah kalian berpegang teguh dengan jama’ah, dan janganlah berpecah belah, karena syetan itu bersama orang yang sendiri, dan dia lebih jauh lagi dengan dua orang. Siapa yang ingin masuk surga, maka hendaklah komitmen dengan jama’ah” (HR At-Tirmidzi).

6. Berjihad
فَلْيُقَاتِلْ فِي سَبِيلِ اللهِ الَّذِينَ يَشْرُونَ الْحَيَاةَ الدُّنْيَا بِالآخِرَةِ وَمَنْ يُقَاتِلْ فِي سَبِيلِ اللهِ فَيُقْتَلْ أَوْ يَغْلِبْ فَسَوْفَ نُؤْتِيهِ أَجْراً عَظِيماً سورة النساء 71 – 78، وَلا تَحْسَبَنَّ الَّذِينَ قُتِلُوا فِي سَبِيلِ اللهِ أَمْوَاتاً بَلْ أَحْيَاءٌ عِنْدَ رَبِّهِمْ يُرْزَقُونَ، فَرِحِينَ بِمَا آتَاهُمُ اللهُ مِنْ فَضْلِهِ وَيَسْتَبْشِرُونَ بِالَّذِينَ لَمْ يَلْحَقُوا بِهِمْ مِنْ خَلْفِهِمْ أَلا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلا هُمْ يَحْزَنُونَ) (آل عمران الآيات 169- 175)،
وعن أبي هريرة رضي الله عنه قيل: يا رسول الله ما يعدل الجهاد في سبيل الله؟ قال (لا تستطيعونه) قال: فأعادوا عليه مرتين أو ثلاثا كل ذلك يقول (لا تستطيعونه). ثم قال: (مثل المجاهد في سبيل الله كمثل الصائم القائم القانت بآيات الله، لا يفتر من صيام ولا صلاة، حتى يرجع المجاهد). الستة إلا أبو داود
 
Dari Abu Hurairah ra dikatakan, wahai Rasulullah saw adakah amal yang bisa menandingi jihad di jalan Allah ? Rasul menjawab: “Tidak bisa”. Penanya mengulang pertanyaannya dua sampai tiga kali, dan selalu dijawab tidak bisa. Kemudian Rasul saw bersabda, “ Perumpamaan orang yang berjihad di jalan Allah seperti orang yang senantiasa puasa, sholat malam, patuh dengan ayat-ayat Allah . Tidak pernah lelah dari puasa, sholat sampai mujahid kembali” (HR Sittah kecuali Abu Dawud)

7. Harta yang Halal

إن الله طيب لا يقبل إلا ﻃﻴﺒﺎ
Rasulullah saw bersabda, Allah itu baik dan tidak menerima kecuali yang baik” 

يقول سهل رحمه الله في آكل الحرام: عصت جوارحه شاء أم أبى ومن أكل الحلال أطاعت جوارحه ووفقت للخيرات
Berkata sahl ra pada yang memakan harta haram, “ Anggota badanya bermaksiat, suka atau tidak suka. Siapa yang makan harta halal anggota badanya taat dan mendapat taufik utuk melakukan kebaikan. 

Wallahu a’lam.

posted by @Dd
Share on Google Plus

About Sjam Deddy

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment