SATU MENIT YANG BERHARGA




Allah ‘Azza wa Jalla memutarkan waktu bagi hamba-hambaNya untuk membedakan antara orang-orang yang beriman dengan yang tidak beriman. “Demikianlah hari-hari Kami pergilirkan diantara manusia, dan agar Allah membedakan orang-orang yang beriman (dengan yang tidak berimana)…”. (QS Ali Imran: 140).

Karenanya, orang-orang yang beriman selalu akan menggunakan waktu demi waktunya untuk meraih keredhaan Allah dan kemenangan hidup di dunia dan di akhirat. Sedangkan orang-orang selain mereka tidak merasa rugi bila waktu-waktunya terbuang. Padahal membuang waktu lebih berbahaya dari pada kematian. Sebab kematian hanya memutus seseorang dari kehidupan dunia, sedangkan membuang waktu akan memutusnya dari Allah dan dari kampung akhirat.

Imam Hasan Al Bashri menyatakan: “Wahai anak adam, sesungguhnya siangmu adalah tamu bagimu. Maka sambutlah tamu itu dengan baik. Jika kamu berbuat baik kepadanya, dia akan pergi dengan memujimu. Jika kamu berbuat buruk terhadap tamu tersebut, maka dia akan berlalu dengan mencelamu. Begitu juga malammu”.

Umar bin Abdul Aziz berkata: “Sesungguhnya siang dan malam berbuat terhadap kalian. Maka berbuatlah kalian pada keduanya”.
Banyak kemulian yang dapat diraih oleh setiap mukmin dari waktu yang telah Allah berikan kepadanya di dunia ini. Bahkan dalam jangka waktu hanya satu menit saja, berbagai pilihan kebaikan dan kemulian bisa diraih oleh seorang mukmin.

Apakah kemulian yang mungkin diraih dalam SATU MENIT saja? Ini beberapa alternatif:

1. Dalam satu menit bisa digunakan untuk membaca QS Al ikhlas minimal sebanyak 12 kali. Satu kali bacaan QS Al Ikhlas sama nilainya dengan 1/3 Al Quran (HR Bukhari dan Muslim dari Abu Darda’). Maka 12 kali bacaan QS Al Ikhlas sama dengan 4 kali Al Quran. Dalam satu bulan sama dengan 120 kali Al Quran, dan dalam satu tahun sama dengan 1440 kali Al Quran.

2. Dalam satu menit juga bisa digunakan untuk membaca QS Al Kaafirun sebanyak 6 kali. Satu kali bacaan QS Al Kaafirun sama nilainya dengan ¼ Al Quran (HR Tirmidzi dari Ibnu Abbas, dishahihkan oleh Albany). 6 kali bacaan sama dengan 1 ½ Al Quran. Dalam satu bulan sama dengan 45 kali Al Quran, dan dalam satu tahun sama dengan 540 kali Al Quran.

3. Dalam satu menit dapat digunakan untuk membaca shalawat kepada Rasulullah sebanyak 50 kali dengan lafadz ( اللهم صلي على محمد ). “Barang siapa yang bershalawat kepada Rasulullah satu kali, niscaya Allah akan bershalawat (berdoa/memberikan pahala) untuknya sepuluh shalawat, dan diampuni sepuluh kesalahannya, dan diangkat sepuluh derjat”. (HR An Nasa’I dari Anas bin Malik, dishahihkan oleh Albany). Maka 50 kali shalawat akan berbuah 500 shalawat dari Allah, 500 kesalahan diampuni dan 500 derjat dinaikkan.

4. Dalam satu menit dapat digunakan untuk membaca ( سبحان الله وبحمده ) sebanyak 100 kali. “Barang siapa yang melakukan hal tersebut niscaya akan diampuni dosa-dosanya walaupun sebanyak buih di lautan”. (HR Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah).

5. Dalam satu menit dapat digunakan untuk membaca ( لا حول ولا قوة إلا بالله ) sebanyak 40 kali. Dan satu kalimat tersebut merupakan harta karun sorga (HR Bukhari dan Muslim dari Abu Musa)

6. Dalam satu menit dapat digunakan untuk membaca ( سبحان الله والحمد لله ولا إله إلا الله والله أكبر ) lebih dari 15 kali. Kalimat tersebut lebih disukai oleh Rasulullah saw dari pada semua tempat yang disinari oleh matahari. (HR Muslim dari Abu Hurairah)

7. Dalam satu menit dapat digunakan untuk mendoakan saudara sesama muslim tanpa sepengetahuannya. Barang siapa yang mendoakan saudaranya tanpa sepengetahuannya, niscaya doanya dikabulkan dan malaikat akan berkata: “Aamiin” dan untukmu seperti yang kamu doakan. (HR Muslim dari Abu Darda’)

8. Dalam satu menit dapat digunakan untuk memohonkan ampun bagi mukminin dan mukminat. “Barang siapa yang memohonkan ampun bagi mukminin dan mukminah, niscaya Allah tuliskan baginya satu kebaikan pertiap mukmin”. ( Shahih Al jaami’)

Beberapa amalan di atas bisa menjadi pilihan dalam mengisi menit demi menit yang berharga dari umur yang diberikan Allah. Bahkan, semuanya bisa dikerjakan hanya dalam waktu 8 menit saja.

Ust. Irsyad Syafar

posted by Adimin
Share on Google Plus

About Sjam Deddy

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment