Korupsi karena gaji . . ???

Baru baru ini wakapolri Nanan Sukarna menyatakan bahwa kepolisian sulit untuk keluar dari kasus kasus korupsi dikarenakan masalah gaji yang kurang mencukupi. Bahkan beliau secara pribadi menyatakan bahwa dirinya juga tidak cukup kalau hanya mengandalkan gaji saja.

Naudzubillah...  mungkin itu yang bisa kita ucapkan jika mencermati pernyataan beliau, mengingat beliau adalah seorang wakapolri yang sejatinya bisa dikatakan mewakili institusi polri. Nanan adalah polisi berpangkat Komisaris Jenderal Polisi atau setingkat dengan Letnan Jenderal yang kita tahu berapa kira kira rata-rata gaji anggota Polisi berpangkat jenderal. Jika kita runut masalah pernyataan beliau, sungguh akan mempunyai dampak dahsyat terhadap para polisi yang notabene adalah anak buah beliau yang tentunya mempunyai gaji jauh lebih rendah dibanding seorang nanan, dimana seorang jenderal polisi tidak cukup hanya dengan mengandalkan gaji saja. Konsekuensinya adalah bagaimana dengan polisi yang berpangkat dibawah wakapolri...???, tentunya akan lebih merasa kekurangan . . . . . !!!!. Kita khawatir justru pernyataan wakapolri ini menjadi pembenaran untuk melakukan korupsi.

Pernyataan beliau bahwa korupsi sangat terkait dengan besar kecilnya gaji sangatlah memprihatinkan, karena sebenarnya menjauhi tindak pidana korupsi bukan semata karena gaji, melainkan mentalitas. Terlalu banyak orang orang yang bergaji pas pasan tetapi sudah merasa cukup sehingga terhindar dari penyakit MENGHALALKAN SEGALA CARA termasuk korupsi.

"Gaji tinggi juga tidak ada jaminan orang terhindar dari korupsi. Yang utama adalah mentalitas untuk menghindari korupsi itu sendiri. 
 
Mudah mudahan mentalitas korupsi ini tidak merupakan penyakit masif yang sudah menyebar diseluruh lapisan birokrasi kita.....  Semoga

posted by Adimin
Share on Google Plus

About Sjam Deddy

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment